Minggu, 21 Desember 2008

Peran Ibu dalam Perkembangan Kepribadian Anak

Pernahkan kalian sadari betapa hebatnya seorang ibu?
Apa kalian pernah berpikir untuk membalas budi kepada ibu kita yang telah memberikan segalanya hanya untuk menghidupi kita?
Hitung berapa usia kalian sekarang?
Pernahkah kalian berpikir bagaimana kita bisa tumbuh dan berkembang tanpa adanya seorang ibu disisi kita?
Perhatikan orang - orang disekitar kalian yang terbiasa hidup tanpa hadirnya peran ibu disamping mereka. Mereka akan terbiasa dengan lingkungan yang tergolong kasar dan tidak mudah diatur. Peran ibu dalam hidup kita lebih condong kepada proses pembentukan kepribadian. Ibu yang sukses dalam mendidik anaknya akan tercermin pada sikap dan sifat anaknya dan perilaku kepribadian yang timbul dari anak tersebut.
Dan ibu juga yang lebih menimbulkan sifat untuk memberi dan bekasih sayang kepada setiap orang yang kita kenal. Dan ibu juga dapat meningkatkat rasa berbelas kasih pada seseorang yang entah sudah dikenal maupun yang belum di kenal, itu terjadi karena kepekaan seorang ibu terhadap hal yang ada di sekitarnya. Emosional seorang anak juga dipengaruhi oleh ibu dalam memberi kepekaan kepada anak - anaknya.
Maka dari itu apabila anak yang terbiasa dengan ibunya akan cenderung lebih lembut dan halus. berbeda dengan anak yang jauh dari jangkauan peran ibu, akan muncul emosional dalam ego yang tinggi serta memiliki kepribadian yang keras. sehingga kepekaannya terhadap lingkungan disekitarnya dan juga rasa untuk mengasihi orang lain akan cenderung lebih kecil dari pada anak yang terbiasa memperoleh peran dari ibunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isilah Sesuai yang Anda Rasa perlu untuk dibicarakan...
Beri saran untuk entri berikutnya yang anda nginkan untuk dibahas dalam Blog ini.